Sportainment

3 Jenis Pelindung Mulut Dalam Cabang Olahraga

Atlet olahraga yang banyak melibatkan kontak fisik rentan untuk mengalami trauma pada gigi. Seperti olahraga tinju, rugby, dan football yang beresiko tinggi untuk terjadi kecelakaan pada wajah, mulut dan sekitarnya. Untuk melindungi gigi dan jaringan lunak jika kecelakaan tak terhindarkan, dibuatlah alat yang disebut pelindung mulut atau mouth guard.

Selain penggunaan di bidang olahraga, mouth guard juga memiliki kegunaan di bidang medis.  Alat ini dapat digunakan sebagai splint pada penderita kelainan sendi rahang dan bruxism. Bruxism adalah kebiasaan buruk mengerat tidur tanpa sadar terutama saat tidur malam, dan dapat menyebabkan permukaan gigi menjadi aus. Oleh karena itu, mouth guard digunakan untuk melindungi gigi. Alat ini umumnya terbuat dari material plastik.

Mouth guard atau pelindung mulut memiliki beragam jenis dengan tingkat proteksi yang berbeda. Berikut adalah jenis-jenis mouth guard yang ada di pasaran:

1.      Stock mouth guard

Mouth guard dengan bentuk yang umum, tidak menyesuaikan bentuk gigi dan mulut pemakainya. Mouth guard tipe ini dianggap tidak efektif karena harus digigit terus saat dipakai sehingga menyulitkan untuk bernapas dan berbicara. Mouth guard ini relatif lebih murah dan tersedia di toko-toko olahraga, namun efek proteksinya paling minim.

2.      Boil-and-bite

Jenis ini terbuat dari material thermoplastic atau plastik yang dapat melunak saat dipanaskan dan mengeras saat mendingin. Cara penggunaannya diletakkan dalam air panas hingga lunak lalu dimasukkan ke dalam mulut dan dibentuk dengan jari dibantu lidah agar sesuai dengan bentuk gigi dan rahang pemakai. Namun ketersediaannya di Indonesia masih relatif jarang.

3.      Custom made

Dari ketiga jenis mouth guard dapat dikatakan jenis ini yang terbaik, karena dibuat secara individual untuk masing-masing atlet atau pemakai sehingga dapat pas dengan ukuran gigi dan rahangnya.

Umumnya jenis ini dibuat oleh dokter gigi yang mencetak rahang pemakai lalu dikirim untuk dikerjakan di laboratorium dental. Karena proses pembuatannya yang spesifik, umumnya harganya pun lebih mahal dibandingkan kedua jenis di atas, namun memberikan kenyamanan dan perlindungan yang maksimal.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close