MultisportSportainment

3 Cara Mengasah Teknik Bermain Sepatu Roda

Pada setiap jenis olahraga, tidak terkecuali sepatu roda, pasti memiliki trik atau teknik khusus yang perlu dipelajari. Pada sepatu roda misalnya, ada beberapa cara yang harus Anda ketahui agar bisa meluncur lebih jauh dan bahkan lebih cepat.

Dalam bermain inline skate, penggunaan teknik yang salah akan menghabiskan tenaga lebih banyak daripada yang seharusnya. Untuk itu, mari simak tiga cara melatih teknik ketika bermain sepatu roda berikut ini.

1.      Pelajari hal dasar

Setidaknya terdapat tiga hal dasar yang mesti Anda ketahui. Pertama adalah kesejajaran. Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika sedang meluncur adalah posisi pinggul dan bahu. Keduanya harus sejajar dan menghadap lurus ke depan. Kesalahan para pemula adalah biasanya badan mereka terlalu sering banyak memutar ke samping.

Kedua adalah memahami teknik low skating position. Posisi ini pada intinya adalah mensejajarkan antara hidung, lutut dan jari kaki dalam satu garis yang lurus. Low skating position ini dilakukan dengan sedikit membungkuk dan posisi panggul yang rendah.

Terakhir, biasanya terjadi kesalahan berulang yang dilakukan oleh pemula. Biasanya mereka terlalu banyak menghabiskan tenaga untuk mendorong roda ke belakang. Padahal seharusnya Anda mendorongnya ke arah sisi tubuh Anda.

2.      Pelajari teknik disaat yang tepat

Mempelajari teknik meluncur yang benar sebaiknya dilakukan bahkan sejak saat pemanasan sekalipun. Sebab, pada saat-saat ini kondisi badan dan pikiran Anda masih akan terasa segar. Jika kesulitan untuk mempelajari teknik secara sekaligus, Anda bisa mempelajarinya satu per satu teknik saja.

Sementara itu, salah satu tips latihan yang biasa dilakukan oleh para skaters profesional adalah dengan menentukan technique point. Maksudnya adalah ketika sejak pertama kali Anda berada dalam lintasan, Anda sudah menentukan titik di mana Anda akan fokus menerapkan teknik yang sedang Anda pelajari.

Hal ini membuat Anda menjadi terbiasa untuk menerapkan teknik yang ingin Anda kuasai. Setiap kali Anda sampai pada titik tersebut, maka kewajiban Anda adalah menerapkan teknik tersebut saat itu juga.

3.      Merekam di setiap sesi latihan

Seringkali pada saat meluncur, kita seperti merasa sudah melakukannya dengan cara yang benar. Padahal bisa jadi teknik yang Anda lakukan saat itu belum sempurna. Maka salah satu cara untuk menanggulangi kesalahan ini adalah dengan merekam video diri Anda sendiri saat sedang bermain inline skate.

Dengan melihat rekaman video sendiri, Anda jadi bisa mengevaluasi apa yang salah pada teknik Anda. Anda jadi bisa mengetahui apakah ternyata selama ini menempatkan tubuh pada posisi yang salah atau melakukan low skating position dengan tidak sempurna.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close