Multisport

3 Cara Membersihkan Tas Gym dengan Benar

Tas gym seringkali menjadi perlengkapan yang dikesampingkan dibandingkan dengan peralatan yang lain. Padahal, sebagai tas yang menyimpan dan membawa peralatan dan perlengkapan Anda untuk latihan di gym atau studio latihan, tas juga perlu dibersihkan seperti barang lainnya. Ketika selesai berolah raga baiknya langsung mencuci dan membersihkan peralatan yang digunakan agar tetap terjaga kualitas dari barang tersebut.

Tas Anda membawa segala sesuatu mulai dari pakaian berkeringat, sepatu dan peralatan yang kotor, handuk basah hingga makanan ringan setelah berolahraga. Ruangan yang lembab dan paparan permukaan kuman sering membuat tas jadi tempat berkembang biak yang ideal bagi bakteri.

Bukan hanya itu, tas olahraga juga akan mengikuti saat Anda berolahraga dari satu tempat ke tempat lain dan itu bisa dipastikan sangat kotor. Oleh karena itulah, penting untuk menjaganya tetap bersih. Untuk membersihkannya, Anda bisa mencoba melakukan langkah-langkah di bawah ini.

1.    Keluarkan semua barang dari tas gym

Tas gym yang kotor pasti mengeluarkan aroma yang tidak sedap dan pengap. Langkah awal untuk mulai membersihkan tas olahraga Anda adalah dengan mengeluarkan semua barang yang ada di dalamnya. Barang yang dimaksud termasuk kaos kaki, sepatu, pakaian, handuk dan barang-barang kecil seperti permen.

Tempatkan semua barang Anda dari tas olahraga ke dalam kantong plastik. Dengan cara ini, Anda dapat memasukkan semuanya kembali setelah mencuci tas Anda. Selain itu, menempatkan barang di dalam kantong plastik tidak akan membuat Anda kehilangan sesuatu yang penting.

2.   Melepaskan interior dan eksterior tas

Setelah semua barang dikeluarkan, maka selanjutnya adalah membersihkan kotoran yang terkumpul di sepanjang jahitan dan di dalam saku. Pastikan untuk meneliti bahan yang membentuk kerangka dan lapisan tas untuk menentukan pembersih terbaik. Beberapa kain alami seperti kulit dan katun memerlukan perawatan khusus dibandingkan kain sintetis seperti nilon atau polyester.

Untuk membuat tas gym Anda berbau harum, usap kulit tas secara lembut dengan kain yang dibasahi dengan air hangat hingga suam-suam kuku. Untuk daya penghilang bau ekstra, bersihkan dengan sabun yang akan menetralkan molekul bau yang berkontribusi pada bau tas olahraga Anda.

Setelah bagian luar tas Anda mengering, balikkan bagian dalam ke luar untuk memperlihatkan jahitan interiornya. Rendam kain lembut dalam larutan air hangat hingga suam-suam kuku, 1 sdm cuka, dan 1 sdm baking soda dan lap di sepanjang jahitannya. Cuka putih adalah asam dengan sifat yang membunuh bakteri dan jamur penyebab bau tas olahraga.

3.   Cuci perlengkapan olahraga

Selain membersihkan dan mencuci tas olahraga Anda, pakaian dan perlengkapan olahraga Anda juga perlu dicuci dengan bersih. Mencuci perlengkapan olahraga juga memerlukan cara yang khusus. Pasalnya, katun, poliester, nilon, dan spandex semuanya menyerap bau secara berbeda dan memerlukan teknik pencucian khusus untuk mengoptimalkan kesegaran.

Meskipun katun memiliki tingkat bau yang rendah, tapi bahan ini menahan kelembaban atau keringat, yang kemudian membuat bagian dalam tas Anda lembab dan berjamur setelah seharian berolahraga di gym. Sedangkan bahan nylon, di sisi lain adalah master penyerap kelembaban, tetapi serat sintetisnya menawarkan lingkungan yang ramah bagi bakteri dan jamur untuk melekat yang akhirnya menciptakan bau tidak sedap.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close