MultisportSportainment

3 Cara Jitu Memilih Kaki Katak yang Tepat

Meliuk-liuk di bawah air sambil menikmati pemandangan yang fantastis atau pun sekadar berolahraga memang menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Tidak gampang memang, tapi kalau Anda mau belajar dan menggunakan peralatan sesuai standar, tentu Anda bisa menguasainya.

Salah satu peralatannya yaitu ada diving fins atau kaki katak. Jangan asal pilih, karena hal ini juga bakal mempengaruhi kenyamanan dan keamanan Anda saat mengarungi keindahan alam bawah laut.

Oleh karena itu, mending simak dulu beberapa cara jitu memilih diving fins yang tepat buat main air berikut ini.

1.      Pilih yang memiliki dorongan besar

Daya dorong tentu menjadi salah satu fitur utama yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan diving fins saat beraktivitas di kedalaman air. Ketika menggunakan fins, Anda bakal punya daya dorong lebih besar ketimbang bertelanjang kaki atau memakai aqua shoes.

Jadi, sebaiknya pilihlah fins atau kaki katak yang punya daya dorong besar. Biasanya, daya dorong dari diving fins ini berbanding lurus dengan panjangnya. Tapi hati-hati, karena fins yang terlalu panjang bakal sulit untuk dikontrol, terutama oleh pemula.

Diving fins yang terlalu panjang juga membuat proses mengayuh jadi terasa lebih berat. Kalau Anda masih terbilang pemula dan lebih banyak melakukan snorkeling, mendingan pilih diving fins yang ringan dan mudah dikendalikan.

Tapi, kalau Anda mau lebih sering menyelam seperti scuba atau free diving, Anda bisa pilih fins dengan ukuran lebih panjang karena daya dorongnya lebih kuat.

2.      Periksa ukuran dan kenyamanan fins

Pilihlah fins yang ukurannya pas dan nyaman di kaki, karena kalau tidak pas, benda-benda kecil seperti pasir, batu, sampai rumput laut bakal lebih mudah masuk ke dalamnya.

Tapi, kalau terlalu sempit juga bisa membuat kaki terasa sakit dan tidak nyaman digunakan dalam waktu lama. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan ukuran fins sudah benar-benar sesuai dan nyaman saat dipakai.

3.      Pilih fins yang mudah dibawa dan praktis

Cara jitu memilih diving fins alias kaki katak yang selanjutnya yaitu pilihlah fins yang praktis dan gampang dibawa. Pasalnya, Anda pasti bakal direpotkan dengan sejumlah peralatan lainnya saat mau menyelam.

Perlengkapan selam untuk satu orang saja bisa mencapai sepuluh macam. Ditambah lagi, Anda perlu membawa diving fins sehingga akan menambah beban bawaan. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah diving fins yang bentuknya simpel dan tidak terlalu berat saat dibawa.

Tapi, kalau Anda mau membawa diving fins berukuran panjang, jagalah agar bagian tumit dan strap-nya tidak cepat rusak.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close