Sportainment

10 Jenis Peralatan Pancing Bagi Pemula

Bagi para pemula yang baru memulai hobi memancing pasti masih banyak yang asing dengan berbagai macam peralatan pancing atau yang biasa disebut tackle. Berbagai macam alat pancing ini sangat penting karena memang dengan alat inilah hobi memancing dilakukan.

Berbagai macam peralatan pancing tersebut memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing. Selain itu, masing-masing jenis peralatan pancing tersebut juga dibagi lagi dengan berbagai varian. Berikut ini macam-macam peralatan pancing bagi pemula yang harus Anda ketahui.

1.      Joran

Joran merupakan alat yang digunakan sebagai pemegang utama dalam memancing. alat ini berfungsi sebagai dudukan reel, bertumpunya senar dan untuk mengarahkan tarikan ikan.
Sangat banyak tipe dan jenis Joran, mulai dari bahan pembuatannya, sifatnya dan modelnya.

2.      Reel

Reel termasuk dalam salah satu peralatan pancing yang dalam kegiatan memancing. Fungsi utamanya adalah sebagai penggulung dan penampung senar. Seiring perkembangan zaman, reel telah banyak mengalami modifikasi baik dari bahan dan fungsinya. Secara umum reel terbagi menjadi dua tipe yaitu reel overhead dan reel underhand. Reel overhead contohnya seperti reel baitcasting dan reel trolling dan reel undehand seperti reel spinning.

3.      Kail pancing

Kail memiliki fungsi utama untuk mengkaitkan mulut ikan yang memakan umpan yang telah terpasang pada kail tersebut. Masing-masing peralatan pancing kail memiliki ukuran dan bahan yang berbeda-beda, juga memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

4.      Kotak pancing

Sangat berguna untuk membawa semua peralatan pancing Anda. Berbagai macam pilihan model dan merk kotak pancing ini. Jangan pilih kotak pancing yang terlalu kecil, karena Anda akan membeli lagi karena kotak pancing Anda kekecilan. Paling tidak beli kotak pancing seukuran 40-60cm. Pastikan semua peralatan pancing Anda (selain joran) dapat masuk dengan leluasa dalam kotak pancing.

5.      Nikelin

Nikelin atau kawat yang tersedia di semua toko pancing, digunakan untuk mancing ikan bergigi tajam seperti barracuda dan tenggiri.

6.      Swivel

Peralatan pancing yang satu ini memiliki banyak fungsi. Namun fungsi utama dari peralatan pancing swivel adalah mencegah senar melintir dan kusut akibat dari putaran pergerakan ikan dan pergerakan air. Senar yang melintir tentu akan menyebabkan akibat fatal bisa berupa senar putus atau senar menjadi kusut dalam spool.

7.      Senar

Selain sebagai alat bantu utama dalam peralatan pancing, senar juga memiliki fungsi lainnya seperti, mengerakkan lure, menyamarkan umpan di dalam air, memberikan sensasi pada saat tarik-ulur dengan ikan, dan macam fungsi lainnya.

8.      Pelampung

Tidak seperti senar dan kail, pelampung pada peralatan pancing boleh digunakan dan boleh juga tidak, tergantung dari teknik yang diterapkan. Pada dasarnya fungsi utama dari pememasangan pelampung adalah untuk membantu kamu dalam memberikan sinyal dan tanda jika ada ikan yang mendekati atau memakan umpan.

9.      Snap

Snap berfungsi membantu menyambung dan memutuskan rangkaian berkail dengan kenur utama, atau juga ada jenis Snap untuk menyatukan pelampung dengan kenur, sehingga pelampung bisa bergerak bebas sesuai dengan keinginan Anda.

10.  Timah

Timah digunakan sebagai alat pemberat. fungsinya adalah sebagai tambahan beban agar lemparan umpan jauh sampai ke titik target, dan juga sebagai piranti yang menahan rangkaian kail kita tetap pada titik target dan tidak terbawa arus air.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close