Sportainment

5 Tips Memilih Perahu Karet untuk Arung Jeram


Perahu karet seringkali digunakan oleh para penggemar olahraga air seperti arung jeram atau mendayung. Kebanyakan penggemar juga cukup selektif saat ingin membeli perahu yang diinginkan. Keselamataan, kekuatan, dan keamanan adalah beberapa faktor yang harus dipertimbangkan.

Tertarik untuk membeli perahu karet? Jika Anda tertarik, ada beberapa tips yang bisa Anda jadikan referensi. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

1.      Perhatikan model perahu

Perahu karet memiliki banyak model. Ada yang berujung runcing ada juga yang membulat, semua tergantung tujuan penggunaan perahu.

Anda ingin menggunakan perahu untuk pesiar di danau bersama keluarga juga harus memperhatikan pemilihan warna supaya perahu ini dapat memantulkan sinar matahari dan tidak terasa panas bagi penumpangnya.

2.      Cek kualitas bahan

Bahan paling umum yang dipakai untuk membuat perahu karet adalah PVC. Semakin banyak lapisan PVC yang dipakai maka semakin kuat perahu karetnya. Di sisi lain penggunaan material yang berlapis ini bisa menambah bobot perahu.

Oleh karena itu, pastikan lagi tujuan Anda membeli perahu karet agar bisa menentukan material mana yang paling cocok untuk aktivitas tersebut. Hitung juga berapa berat maksimal perahu yang diperbolehkan untuk aktivitas tersebut sebelum memutuskan membeli perahu.

3.      Elemen tambahan perahu karet

Beberapa perahu karet juga dilengkapi dengan elemen tambahan seperti katup pelepas tekanan, saluran air, cincin pengaman motor, mata jangkar dan jangkar perahu. Pastikan elemen tambahan apa saja yang Anda butuhkan sebelum membeli perahu idaman.

Sebagai contoh katup pelepas tekanan, katup pelepas tekanan otomatis ini sangat berguna pada hari yang panas dan cerah ketika perahu karet mendapatkan banyak panas matahari dan mengalami kondisi kritis di area silinder. Katup ini secara otomatis bisa menghitung berapa banyak udara yang harus dikeluarkan dari area silinder.

4.      Pilih perahu yang sesuai kebutuhan

Pastikan barang yang dibeli sesuai kebutuhan. Jika membeli perahu karet, pastikan dulu perahu tersebut mau digunakan untuk apa dan berapa orang yang akan menaikinya. Jika akan digunakan di medan yang ekstrem, pilihlah perahu yang bentuknya kokoh dan kuat.

Begitu pula soal penumpang. Jika perahu karet yang Anda beli rencananya akan dinaiki lebih dari satu atau dua orang, pilih perahu yang kapasitasnya memadai. Sisakan juga ruangan untuk peralatan di perahu karet yang nantinya akan Anda beli.

5.      Sesuaikan budget

Salah satu keuntungan membeli perahu karet di toko online adalah, Anda bisa bebas memilih barang yang diinginkan dan disesuaikan dengan budget. Karena harga yang ditawarkan cukup bervariasi. Jadi saat membeli, pastikan Anda mendapatkan barang yang diinginkan, sesuai dengan kebutuhan, dan anggaran yang disiapkan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close